Nur Annisa

Belajar ngeblog…….

Kopi, Catur, & Perempuan January 8, 2013

 

cinta di dalam gelas

Andrea Hirata. Pasti teman-teman sudah tidak asing dengna nama tersebut. Penulis novel Best Seller Laskar Pelangi. Buku ini, Cinta Di Dalam Gelas, masih menceritakan tanah Belitong. Orang-orang melayu yang tinggal disana. Dan berbagai permasalahan, kegiatan sehari-hari masyarakat. misalnya, kebiasaan unik masyarakat melayu yaitu, mengobrol sambil minum kopi di warung-warung kopi. Obrolan yang dibicarakan kebanyakan tentang pemerintahan. Obrolan yang renyah, dan lucu (menurut saya), tapi cukup juga sebagai kritikan pedas.
Jadi, tak jarang bila disana banyak berjejer warung-warung kopi. Salah satunya adalah warung kopi “Usah Kau Kenang lagi” milik Paman Ikal. Ikal bekerja disana bersama beberapa teman-teman lainnya. Mereka sering disebut 4 orang bujang lapuk.

Dari sebuah warung kop banyak yang bisa dipelajari. Contohnya mempelajari karakter-karakter si peminum kopi. Dan akhirnya, Ikal pun sampai membuat sebuah buku harian yang berjudul ” Peminum Kopi”.  Ada bab tentang bagaimana karakter seseorang dari cara memegang cangkir kopi, sampai berapa banyak takaran kopi dan gulanya. Psikologi sederhana dari sebuah Kopi.

Pegawai-pegawai di warung kopi tersebut adalah pertama, Hasanah. Dia adalah gadis muda, berumur 27 tahun yang sudah menikah 3 kali. Semua suaminya minggat. Dan tidak tau karna apa (???).  Yang kedua, Midah. Dia adalah karyawan yang paling lama di warung kopi tersebut. Berusia 38 tahun tapi belum ada tanda-tanda menikah (??). Terakhir, Rustam. Dia paling tua diantara mereka, yaitu 43 tahun. Dan masih bujang. Sedangkan Ikal, sepertinya masih menunggu gadis pujaan hatinya, Aling.

Cerita ini, tidak hanya menceritakan kisah 4 bujang lapuk itu dan pamandanya yang slalu memberikan mereka berbagai makian tapi juga tetap selalu boss yang disayangi. Cerita ini juga berkisah tentang  seorang wanita penambang timah yaitu, Maryamah Karpov yang berjuang keras meninggikan martabatnya. Dia sudah menikah dengan seorang pemain catur handal yang bernama Matarom. Tetapi kemudian, mereka harus bercerai karna persoalan rumah tangga. Maryamah sakit hati oleh Matarom.  Dan ketika ada kesempatan ia pun tidak mau menghilangkan kesempatan itu begitu saja untuk membalas mantan suaminya itu. Yaitu melalui permainan catur. Maryamah adalah satu-satunya wanita yang bermain catur. Banyak pertentangan ketika ia mendaftarkan diri pada perlombaan catur dalam rangka 17 agustus. Tetapi, didukung oleh teman-temannya yaitu, Ikal dan para bujang lapuk, Seorang detektif, alvin the chipmunk, dan Ninockha Stranovsky sang grand master catur. Juga, banyak pendukung lainnya.

Selain keberaniannya menantang mantan suaminya itu, kehebatan lainnya adalah Maryamah belum pernah bermain catur sebelumnya. Dia buta Catur. Tapi dengan kegigihannya, dia bisa menjadi pecatur handal dan mengalahkan mantan suaminya dan para pecatur lelaki handal di kampungnya.
Dia belajar dari yang tidak tahu sama sekali hingga bisa seperti seorang grand master Anatoly Karpov. Dan jadilah julukannya menjadi Maryamah Karpov.

Selesai.

Kesan: banyak karakter di cerita ini sehingga saya agak bingung menghapalnya (pelupa :p)… tapi seru. Awalnya bosan tapi pengen baca sampai habis. tapi ada rahasia loh. Buku ini buku dwilogi dan Cinta di dalam gelas ini merupakan buku ke 2. Dan rahasianya adalah saya belum baca buku 1 nya. (hhhh…). aneh ya. buku 1 menyusul……………..😀

“CINTA DI DALAM GELAS”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s