Nur Annisa

Belajar ngeblog…….

Menjaga Hati July 21, 2010

Filed under: Education — An-Niez @ 9:30 am
Tags: , , , ,

Hati dalam bahasa arab disebut dengan al-galb, yang berarti bolak-balik. Hati gampang berubah, sukar dibaca, senantiasa berkembang, dan pasang -surut. Maka hati harus dijaga dengan baik. Jangan sampai hati kita berubah menjadi hati yang sakit (al-qalb al-maridh).

Rasul saw. Bersabda:”Dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila ia baik, maka baik pula seluruh tubuhnya dan jika ia rusak, maka rusak pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah, itulah hati.”(al-hadist).

Apabila kecerdasan yang ada di dalam pikiran, bisa dikalahkan oleh kebusukan yang ada di dalam hati. Orang seperti itu biasanya akan marah pada kebenaran dan senang pada kebatilan. Dan, jika hal tersebut terjadi, maka itulah hati yang sedang sakit.

Hati yang sakit dapat dilihat dari tiga hal, yaitu:

Pertama, kemampuan indera yang ada di dalam hati akan hilang secara total. Hati seperti ini akan menjadi buta, tuli, bisu, dan lumpuh. Ia tidak bisa membedakan antara kebenaran, kesesatan, ketakwaan, kemaksiatan, dan lain sebagainya.

Kedua, kemampuan indera yang ada di dalam hati menjadi lemah. Padahal sebenarnya, kemampuan indera tersebut kuat. Sama seperti anggota tubuh lainnya jika sedang dalam keadaan seperti ini, hati berarti butuh asupan gizi.

Ketiga, hati tidak bisa melihat sesuatu dalam bentuk yang sebenarnya. Seperti melihat kebenaran menjadi kesesatan, kesesatan menjadi kebenaran, merasakan manis menjadi pahit, dan pahit menjadi manis.

Ibnul Qayyim menjelaskan agar hati bisa tetap sehat, dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

menjaga kekuatan hati, melindungi hati dari hal-hal yang membahayakan,dan membuang zat-zat yang berbahaya bagi hati.

Kekuatan hati bisa didapatkan dengan iman. Dan iman merupakan sumber kekuatan hati paling utama. Jika iman hilang, hati akan menjadi sakit.

Untuk melindungi hati dari hal-hal yang membahayakan , bisa dilakukan dengan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Sebab, kedua hal ini yang dapat membuat hati menjadi sakit. Ia sama dengan racun yang jika dikonsumsi pasti akan membahayaka tubuh.

Terakhir, agar tetap sehat, zat-zat yang membahayakan hati harus dibuang. Dan, cara paling ampuh untuk membuang zat-zat yang berbahaya tersebut adalah dengan tobat dan istigfar.

Tobat dan istigfar adalah dua obat yang bisa membuang toksin di dalam hati.

Ia bagaikan antibody yang bisa membuat hati tetapsehat.

Sumber: Republika rabu, 21 Juli 2010 nomor 189 tahun ke-18

 

2 Responses to “Menjaga Hati”

  1. yono Says:

    Doa bukan sperti “Ban Cadangan” yg kamu pakai ketika kamu dalam kesulitan.., namun doa adalah “Roda Kemudi” yg menuntunmu di jalan yg benar…

    Apa kamu tahu mengapa kaca depan sebuah mobil begitu besar.. dan kaca spion begitu kecil?! Krn MASA LALU kita tidak sepenting MASA DEPAN kita… Lihatlah ke Depan.. & bergerak Maju.., jangan mundur.. Or diam ditempat…

    Persahabatan itu seperti sebuah BUKU… Hanya perlu beberapa detik untuk membakarnya.., namun perlu berbulan – bulan u/n menulisnya…

    Segala hal dalam hidup ini adalah sementara.. Bila berjalan dgn lancar.., maka nikmatilah…, semua itu tidak akan bertahan selamanya… Bila berjalan tidak benar.., janganlah kuatir.., semua itu tidak bertahan selamanya juga…

    Teman Lama adalah Emas.. Teman Baru adalah Berlian.. Jika kamu mendapatkan sebuah berlian.., jangan lupakan emas… Krn untuk dapat meletakkan sebuah Berlian.., kamu selalu memerlukan dudukannya yg terbuat dari Emas…

    Seringkali ketika kita kehilangan harapan.. dan berpikir bahwa inilah akhir dari semuanya.., TUHAN tersenyum dari atas sana dan berkata: “Santailah sayanggg.., ini hanyalah sebuah kelokan.., bukan akhir..!!”

    Ketika TUHAN menyelesaikan masalah-masalahmu.., kamu memiliki keyakinan atas kemampuanNYA..; Ketika TUHAN tidak menyelesaikan masalah-masalahmu, DIA memiliki keyakinan atas kemampuanmu…

    Ketika kamu berdoa untuk orang lain.., TUHAN mendengarkanmu.. dan memberkati mereka… Maka ketika kamu aman.. dan bahagia.., ingatlah bahwa seseorang telah berdoa untukmu.

    KEKUATIRAN tidak akan menghilangkan KESULITAN di hari esok.., namun menghilangkan KEDAMAIANmu pada hari ini…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s