Nur Annisa

Belajar ngeblog…….

Hamzah bin Abdul Muththalib r.a bag. 2 July 21, 2010

Filed under: Education — An-Niez @ 9:46 am
Tags: , , , , , , , , ,

Peperangan yang diikuti oleh Hamzah bin  Abdul Muththalib:

Hamzah dijuluki Singa Allah  dan Rasul-Nya karena ia telah bernadzar (berjanji) bahwa semua kesehatan, kekuatan, dan kehidupan yang ia miliki hanyalah untuk Allah swt dan Agama-Nya.

Hamzah merupkana panglima pertama dalam islam.

perang yang diiikuti:

1. perang sariyyah (perang yang tidak diikuti oleh Rasulullah saw)

jumlah tentara berkuda pasukan islam adlah 30 dari kaum Muhajirrin,sedangkan tentara musuh yang dipimpin oleh Abu Jahan Amr bin Hisyam adalah sebanyak 300 tentara berkuda dari penduduk Mekah. Tujuan perang ini adalah untuk menghalangi kelompok Quraisy yang kembali dari negeri syam menuju Mekah.

tetapi perang ini tidak terjadi karena Majdi bin Ar al-Juhani, sekutu dari dua kelompok perang tersebut, menghalangi peperangan antara kedua kelompok tersebut.

Bendera pasukan Hamzah berwarna putih dan dipegang/dibawa oleh Abu Martsad Kinan bin Hushain al-Ghanawi r.a..

2. Perang Abwa’

perang ini adalah peperangan pertama yang dipimpin oleh Rasulullah saw. Terjadi pada bulan Shafar tahun kedua hijriah. Jumlah tentara khususnya adalah 70 orang dari kaum Muhajirin.

Tujuan dari perang ini adalah untuk menghalangi kelempok Quraisy. namun, ketika kaum muslim telah sampai di Waddan (al-Abwa’), Allah menghendaki peperangan ini untuk tidak dilanjutkan. Akhirnya, Nabi dan para sahabatnya kembali ke kota Madinah tanpa melakukan peperangan. Perdamian tersebut tercipta setelah terjadinya perjanjian bersekut dengan Amr bin Makhsyi, Pemimpin bani Dhamrah.

Pembawa Bendera pada perang ini adalah Hamzah bin Abdul Muththalib.

 3. perang Badar

 pada perang ini Nabi Muhammad tidak henti-hentinya memanjatkan doa kepada sang pencipta.

orang yang pertama kali memulai peperangan adalah al-Aswad bin Abdul Asad al-Makhzumi. ketiak a ia keluar barisan , Hamzah langsung menghadapinya dan melumpuhkannya. Dengan terbunuhnya Al-Aswad, maka pemuka terbaik kau Quraisy menantang kaum Muslimin. Mereka adalah Uthbah bin Rabiáh, Syaibah bin Rabiáh dan al-Walid bin Uthbah bin Rabiáh.

Maka terjadilah pertarungan satu lawan satu (Mubaarazah). Yaitu antara Ubaidah bin al-Harits r.a. melawan Uthbah bin Ra’biáh. Hamzah r.a. berhadapan dengan Syaibah. Dan Ali bin Abi Thalib r.a. berhadapan dengan al-Walid bin Uthbah.

Dan singkat cerita menanglah pasukan kaum Muslimin. Kemudian, kaum musyrikin menyerang kaum mulimin. Tetapi akhirnya, peperangan ini dimenangkan oleh kaum Muslimin.

4.  Perang Uhud

 

 

 

(nanti dulu deh.. hehehe…)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s