Nur Annisa

Belajar ngeblog…….

Hamzah bin Abdul Muththalib r.a July 6, 2010

Filed under: Education — An-Niez @ 10:35 am
Tags: , , ,

Hamzah bin Abdul Muththalib r.a

Pemimpin para syuhada’ dan Paman Nabi saw.

Riwayat hidup:

Hamzah bin Abdul Muthtalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushayy adalah keturunan asli suku Quraisy dari keluarga Bani Hasyim.  Dijuluki sebagai Singa Allah dan Rasul-Nya saw..

beliau merupakan paman nabi dan saudara susunya, karena keduanya pernah disusui oleh  Tsuwaibah maulah Abu lahab. Beliau biasa dipanggil denagn  nama Abu Umarah dan Abu Ya’la.

Ibunda Hamzah bernama Halah binti Uhaid bi Abdi Manaf, putri dari paman Sayyidah Aminah binti Wahab bin Abdi Manaf, ibunda Rasulullah saw.

Paman nabi ini memiliki 3 orang istri, yaitu putri Mallah bin Malik bin Ubadah dari Kaum Anshar dan memiliki anak yang bernama Ya’la dan Amir. Istri yang kedua bernama Khaulah binti Qais bin Qahdin dari kaum Anshar dan memiliki anak yang bernama Umarah. Dan istri yang ketiga bernama Salma binti Umais saudara perempuan dari Asma’ binti Umais dan memilkia anak yang bernama Umamah.

Hamzah r.a masuk Islam

Kisah Hamzah r.a masuk islam ialah bermula ketika beliau mendapat laporan dari seorang  budak milik Abdullah bin Jadán , yang melihat nabi Muhammd saw disakiti dan dihina oleh Abu Jahal, orang yang sangat membenci islam. Ketika itu Abu jahal bertemu dengan Rasulullah , kemudian dia merendahkan dan menghina islam, namun Rasulullah hanya diam tak menghiraukan. Bahkan, Abu Jahal mencaci dan menyakiti Rasulullah saw hingga melukai kepala rasulullah saw hingga berdarah.

Mendengar hal tersebut, Hamzah pergi mencari Abu Jahal. Pada saat itu, Hamzah adalah pemuda terkuat dan paling tangguh di kalangan Quraisy. kemudian ketika Hamzah bertemu Abu Jahal yang sedang duduk ditengah-tengah kaumnya, Hamzah dengan sigap berjalan ke tempat Abu Jahal, dan setelah ia berdiri tepat di depan Abu Jahal, ia mengambil anak panah dan menusuk Abu Jahl dengan anak panah tersebut. kemudian Hamzah berkata, “kenapa kamu mencaci Muhammad padahal aku berada dalam agamanya. Aku membenarkan apa yang ia katakan. Ingatlah, lawanlah aku jika kamu menganggap dirimu pemberani!.”

Kaum Bani Makhzum,yaitu kaum Abu Jahal, mencoba menghentikan pukulan Hamzah berikutnya sambil berkata, “Hamzah! Kami menganggapmu telah keluar dari golongan kami.”

kemudian, Hamzah menjawab, “Siapa saja yang melarangku, sungguh jelas balasannya nanti. Karena Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah dan apa yang ia katakan adalah kebenaran, maka aku tidak akan memusuhinya. Halangilah diriku jika kamu menganggap dirimu orang yang benar.” akhirnya, Abu Jahal berkata, “Tinggalkan Abu Umarah! Memang aku telah menghina keponakannya dengan hinaan yang sangat buruk.”

Setelah kejadian tersebut, Hamzah r.a kembali ke rumahnya. kemudian, merenungkan hal yang baru saja terjadi. Ia telah menyatakan beriman dalam keadaan spontan karena perasaan antusias, bercampur marah, dan atas dorongan emosi. Ia merasa sakit hati ketika keponakannya disiksa dan diperlakukan tidak adil, tanpa ada seorang pun yang menolongnya. Demi menjaga kemuliaan Bani Hasyim, ia berani melukai kepala Abu Jahal dan berteriak menyatakan masuk islam di hadapannya.

Hamzah r.a. adalah sahabat yang terkenal memiliki akal yang cerdas dan kecondongan hati yang lurus. Ia tak pernah meragukan kebenaran agama nabi Muhammdad saw.

Malam harinya,Hamzah r.a. merasa gelisah. Dan ketika waktu pagi datang, ia pergi  mendatangi keponakannya, Rasulullah saw untuk menceritakan kegelisahannya. Kemudian, Rasulullah saw menasihati dan mengingatkan  dengan adanya neraka dan kabar gembira dengan  adanya surga. AKhirnya, Allah swt menganugerahkan keimanan ke dalah hati Hamzah terhadapa apa yang disampaikan oleh Rasulullah saw. Dengan izin Allah swt, Hamzah r.a. mengucapkan syahadat dengan sungguh-sungguh, penuh kemantapan, serta keyakinan yang teguh.

Peperangan yang diikuti oleh Hamzah r.a

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s