Nur Annisa

Belajar ngeblog…….

SERAT???? August 7, 2009

Filed under: Knowledges,Uncategorized — An-Niez @ 12:59 pm
Tags: , ,

Serat adalah makanan berbentuk karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada dinding sel tanaman pangan. Serat tidak dapat dicerna dan tidak diserap oleh saluran pencernaan manusia, namun memiliki fungsi yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit dan sebagai komponen penting dalam terapi gizi.

Dari piramida makanan dalam panduan gizi seimbang yang dikeluarkan Departemen Kesehatan RI, sayur dan buah-buahan, sebagai sumber serat-vitamin-mineral, memiliki fungsi sebagai zat pengatur bekerjanya fungsi organ-organ tubuh . Selain itu dua kegunaan/fungsi lain dari makanan yaitu sebagai zat tenaga, misalnya serealia dan umbi-umbian, dan sebagai zat pembangun, misalnya kacang-kacangan, merupakan sumber serat yang tidak kalah pentingnya.

Karena karakteristik fisik dari serat yang tidak diserap tubuh, tidak memberikan energi dan dikeluarkan tubuh melalui tinja, menyebabkan sebagian masyarakat dan pakar masih menganggap bahwa serat tidak penting untuk kesehatan tubuh. Namun dewasa ini melalui penelitian-penelitian yang intensif di seluruh dunia, sejak tahun 1970-an serat justru diakui peranannya yang penting dalam kesehatan, terutama dalam pencegahan penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, stroke, penyakit jantung koroner, kegemukan, diabetes melitus tipe 2, serta gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, wasir dan kanker usus

Gangguan Akibat Kekurangan Serat

Pada masa lalu, serat makanan hanya dianggap sebagai sumber energi yang tidak tersedia (non-available energi source) dan hanya dikenal mempunyai efek pencahar perut.  Namun berbagai penelitian telah melaporkan hubungan antara konsumsi serat dan insiden timbulnya berbagai macam penyakit diantaranya kanker usus besar, penyakit kadiovskular dan kegemukkan (obesitas).

Ternyata dari hasil penyelidikan memperlihatkan bahwa serat sangat baik untuk kesehatan, yaitu membantu mencegah sembelit, mancegah kanker, mencegah sakit pada usus besar, membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol kadar gula dalam darah, mencegah wasir, membantu menurunkan berat badan dan lain-lain

 Hasil dari Speaking...
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s